Penyebab Menurunnya Prestasi Belajar Siswa dan Cara Mengatasinya

05 Oktober 2020 - 09:07
Prestasi Belajar dapat diartikan sebagai hasil yang dicapai oleh individu setelah mengalami suatu proses belajar dalam jangka waktu tertentu. Prestasi belajar juga diartikan sebagai kemampuan maksimal yang dicapai seseorang dalam suatu usaha yang menghasilkan pengetahuan atau nilai – nilai kecakapan. Di sekolah hasil belajar dinyatakan dalam angka-angka (nilai) dalam semua mata pelajaran yang diberikan. Jadi bentuk angka (nilai) ini merupakan lambang untuk prestasi (hasil belajar siswa). Namun akhir-akhir ini hasil belajar siswa yang diharapkan oleh semua pihak mengalami penurunan. Penurunan ini terutama bisa dilihat dari hasil ulangan harian, Mid semester, serta Ulangan Umum di sekolah. Penurunan tersebut dapat dilihat dari sikap dan perilaku siswa, diantaranya :
1.      Siswa kurang merasa senang atau kurang semangat dalam belajar.
2.      Siswa mengikuti pelajaran semata – mata agar tidak tinggal kelas.
3.      Siswa mengikut belajar bukan untuk menambah ilmu, tetapi diharuskan mengikuti pelajaran yang ada.
4.      Prestasi belajar rendah karena motivasi belajarnya rendah.
 
Faktor-faktor  yang Mempengaruhi Menurunnya Prestasi Belajar 
Menurunnya hasil belajar siswa tersebut diakibatkan beberapa factor. Faktor  yang
mempengaruhi seseorang dalam belajar itu banyak jenisnya. Faktor – faktor belajar itupun
dibagi menjadi dua bagian yaitu faktor intern yang berasal dari dalam dan factor ekstern atau
berasal dari luar. Factor intern banyak dipengaruhi dari dalam diri siswa itu sendiri dan faktor
eksternal dipengaruhi oleh lingkungan, baik itu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah  dan
lingkungan masyarakat. Antar kedua faktor itu masing masing bisa mempengaruhi seseorang
untuk meningkatkan prestasinya yang diperoleh dengan cara belajar.
 
A.    Faktor Internal (dari dalam diri siswa)
1.      Sikap siswa dalam belajar cendrung acuh.
2.      Minat siswa belajar rendah
3.      IQ dan  kemampuan belajar siswa rendah
4.      Perasaan tidak nyaman yang dirasakan siswa
5.      Semangat belajar siswa yang kurang
6.      Siswa tersebut belum mampu menemukan bakat yang ia miliki
7.      Faktor biologis dari dalam diri siswa
8.      Konsentrasi Belajar siswa rendah
9.      Siswa terlalu Santai
10.    Siswa terlalu menggampangkan tugas
11.    Motivasi belajar siswa rendah
12.    Cara belajar siswa di rumah kurang tepat
13.    Minat siswa untuk mengikuti pelajaran rendah
14.  Faktor fisiologis, yaitu meliputi segala hal yang berhubungan dengan keadaan fisik/jasmani individu seseorang 
15.    Kelelahan dan Kejenuhan dalam Belajar
16.    Kurangnya Kematangan dan Kesiapan siswa menghadapi pelajaran
 
B.     Faktor Eksternal
(Lingkungan Keluarga)
1.      Kurang adanya rasa aman dan nyaman dalam keluarga
2.      Kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua
3.      Hubungan orang tua dan anak kurang baik
4.      Orang tua tidak meluangkan waktu bersama anak
5.      Kurangnya pengawasan orang tua terhadap pergaulan anak
6.      Keadaan ekonomi keluarga yang kurang baik
 
(Lingkungan Sekolah)
1.      Lingkungan belajar siswa kurang kondusif
2.      Metode mengajar guru kurang Variatif.
3.      Sarana prasarana sekolah kurang memadai
4.      Adanya kurikulum yang kurang  baik dalam pembelajaran
5.      Penggunaan metode mengajar yang tidak efektif dan variatif
6.      Guru kurang bersemangat dalam mengajar.
7.      Cara penyajian pelajaran kurang baik.
8.      Hubungan guru dengan siswa kurang baik
9.      Relasi siswa dengan siswa lain kurang baik.
10.    Penerapan disiplin di sekolah kurang
11.     Kesalahan dalam pengelompokan siswa
 
(Lingkungan Masyarakat)
1.      Kesalahan dalam memilih teman bergaul
2.      Bentuk kehidupan masyarakat yang tidak kondusif
3.      Tata tertib dan disiplin dalam masyarakat yang kurang baik
4.      Kegiatan siswa dalam masyarakat yang kurang mendapat pengawasan
 
 
  Solusi
Terkait dengan rendahnya prestasi belajar siswa yang rendah, maka perlu kiranya kita secara intens
dan bersama-sama memberikan perhatian terhadap permasalahan ini sehingga siswa tidak merasa
terpuruk dan enggan beranjak dari kondisi ini. Untuk itu kita perlu memperhatikan beberapa faktor
yang mempengaruhi kualitas prestasi belajar siswa, diantaranya :
1.     Proses pembelajaran harus efektif
2.     Siswa harus berperan aktif dalam proses pembelajaran
3.     Peranan orang tua pada belajar anak-anaknya harus maksimal. Orang tua harus         mengetahui
faktor mana yang mempengaruhi semangat belajar anak. Orang tua juga   sebaiknya lebih
memperhatikan pergaulan anaknya, memberikan kasih sayang dan   perhatian lebih terhadap
anaknya.
4.    Masyarakat sebagai tempat belajar siswa harus kondusif
5.     Kesadaran guru untuk bersikap hangat terhadap siswa
6.     Keadaan sekolah
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal pertama yang sangat penting dalam
menentukan keberhasilan belajar siswa, karena itu lingkungan sekolah yang baik dapat mendorong
untuk belajar yang lebih giat. Keadaan sekolah ini meliputi cara penyajian pelajaran, hubungan guru
dengan siswa, alat-alat pelajaran dan kurikulum. Hubungan antara guru dan siswa kurang baik akan
mempengaruhi hasil-hasil belajarnya, Sehingga dibutuhkan kesadaran guru untuk bersikap hangat
terhadap siswanya, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa.
 
 
 
 
sumber: maulanafarhannajib.blogspot.com