3. Hubungan orang tua dan anak kurang baik
4. Orang tua tidak meluangkan waktu bersama anak
5. Kurangnya pengawasan orang tua terhadap pergaulan anak
6. Keadaan ekonomi keluarga yang kurang baik
(Lingkungan Sekolah)
1. Lingkungan belajar siswa kurang kondusif
2. Metode mengajar guru kurang Variatif.
3. Sarana prasarana sekolah kurang memadai
4. Adanya kurikulum yang kurang baik dalam pembelajaran
5. Penggunaan metode mengajar yang tidak efektif dan variatif
6. Guru kurang bersemangat dalam mengajar.
7. Cara penyajian pelajaran kurang baik.
8. Hubungan guru dengan siswa kurang baik
9. Relasi siswa dengan siswa lain kurang baik.
10. Penerapan disiplin di sekolah kurang
11. Kesalahan dalam pengelompokan siswa
(Lingkungan Masyarakat)
1. Kesalahan dalam memilih teman bergaul
2. Bentuk kehidupan masyarakat yang tidak kondusif
3. Tata tertib dan disiplin dalam masyarakat yang kurang baik
4. Kegiatan siswa dalam masyarakat yang kurang mendapat pengawasan
Solusi
Terkait dengan rendahnya prestasi belajar siswa yang rendah, maka perlu kiranya kita secara intens
dan bersama-sama memberikan perhatian terhadap permasalahan ini sehingga siswa tidak merasa
terpuruk dan enggan beranjak dari kondisi ini. Untuk itu kita perlu memperhatikan beberapa faktor
yang mempengaruhi kualitas prestasi belajar siswa, diantaranya :
1. Proses pembelajaran harus efektif
2. Siswa harus berperan aktif dalam proses pembelajaran
3. Peranan orang tua pada belajar anak-anaknya harus maksimal. Orang tua harus mengetahui
faktor mana yang mempengaruhi semangat belajar anak. Orang tua juga sebaiknya lebih
memperhatikan pergaulan anaknya, memberikan kasih sayang dan perhatian lebih terhadap
anaknya.
4. Masyarakat sebagai tempat belajar siswa harus kondusif
5. Kesadaran guru untuk bersikap hangat terhadap siswa
6. Keadaan sekolah
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal pertama yang sangat penting dalam
menentukan keberhasilan belajar siswa, karena itu lingkungan sekolah yang baik dapat mendorong
untuk belajar yang lebih giat. Keadaan sekolah ini meliputi cara penyajian pelajaran, hubungan guru
dengan siswa, alat-alat pelajaran dan kurikulum. Hubungan antara guru dan siswa kurang baik akan
mempengaruhi hasil-hasil belajarnya, Sehingga dibutuhkan kesadaran guru untuk bersikap hangat
terhadap siswanya, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa.
sumber: maulanafarhannajib.blogspot.com